Connect with us

Mau Perpanjang SIM C? Simak Dulu Persyaratan Perpanjangan SIM C

Umum

Mau Perpanjang SIM C? Simak Dulu Persyaratan Perpanjangan SIM C

Surat Izin Mengemudi atau SIM merupakan surat izin yang harus dimiliki oleh orang saat mengendarai kendaraan bermotor.

Dengan mempunyai Surat Izin Mengemudi, membuktikan bahwa orang tersebut dapat mengendarai kendaraan bermotor dengan baik dan benar. Lalu apa saja sih persyaratan perpanjang SIM anda?

Selain itu, orang tersebut juga sudah mengetahui aturan-aturan yang berlaku saat berkendara. SIM sendiri terbagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan.

Bagi pengendara sepeda motor, maka Anda membutuhkan SIM C untuk dapat mengendarainya di jalan raya.

Masa berlaku SIM C Anda akan segera berakhir? Bingung apa saja persyaratan perpanjangan SIM C? Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir. Simak dulu persyaratan perpanjangan SIM C yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Mau Perpanjang SIM C? Simak Dulu Persyaratan Perpanjangan SIM C

SIM berbeda dengan KTP, KTP berlaku seumur hidup tanpa harus melakukan perpanjangan. Sedangkan, SIM hanya berlaku lima tahun sehingga Anda harus melakukan perpanjangan sebelum masa berlakunya berakhir.

Apabila tidak melakukan perpanjangan saat SIM sudah kelewat masa berlaku, maka secara otomatis SIM Anda akan hangus dan tidak berlaku lagi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda harus segera melakukan perpanjangan SIM, saat dirasa masa berlaku SIM akan segera berakhir.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui syarat apa saja yang harus dilengkapi saat akan memperpanjang SIM C. Nah, pada artikel kali ini saya akan bahas persyaratan perpanjangan SIM C secara lengkap.

Syarat Perpanjangan SIM C

Memperpanjang SIM C bukanlah hal yang sulit, apabila Anda melakukannya tepat waktu. Untuk melakukan perpanjangan SIM C, ada beberapa syarat yang harus Anda ketahui. Berikut dibawah ini syarat yang harus Anda persiapkan saat akan melakukan perpanjangan SIM C.

  1. Membawa SIM C lama yang akan diperpanjang.
  2. Membawa fotokopi SIM C dan KTP sebanyak dua lembar.
  3. Membawa Surat keterangan sehat dari dokter maupun puskesmas, sebagai bukti Anda sehat jasmani.
  4. Mengisi formulir perpanjangan SIM C.
  5. Menyelesaikan tes psikologi. Anda harus lulus tes psikologi apabila ingin memperpanjang SIM C.
  6. Melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak SIM di Bank BRI terdekat.

Cara Melakukan Perpanjangan SIM C

Waktu yang paling tepat untuk melakukan perpanjangan SIM C ialah dua minggu sebelum masa berlaku SIM C milik Anda berakhir. Oleh sebab itu, Anda harus mengingat sampai kapan SIM C milik Anda berlaku.

Karena apabila SIM C Anda kelewat masa berlaku, maka SIM C Anda akan hangus dan tidak dapat diperpanjang kembali. Hal tersebut, membuat Anda diharuskan membuat SIM C baru lagi.

Nah, untuk memperpanjang SIM C dapat dilakukan secara offline dan online. Terdapat beberapa cara untuk memperpanjang

SIM secara offline, yaitu melalui layanan SIM keliling, Gerai SIM dan kantor Satpas. Apabila Anda ingin memperpanjang SIM secara online Anda dapat membuka website SIM online. Dibawah ini saya berikan penjelasan lengkapnya.

SIM Keliling

Proses perpanjangan SIM C yang pertama dapat dilakukan di SIM keliling. SIM keliling ini merupakan layanan yang beroperasi menggunakan mobil khusus disertai petugas dan disediakan oleh POLRI guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM.

Dengan SIM keliling ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat yang rumahnya jauh dari kantor Satpas maupun Gerai SIM.

Masyarakat cukup datang ke SIM keliling sesuai dengan lokasi dan jadwal operasinya.

Layanan SIM keliling ini sudah tersedia di berbagai daerah di Indonesia. Namun, untuk sekarang ini SIM keliling hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C.

Untuk memperpanjang SIM golongan lain maupun membuat SIM baru, maka Anda harus datang langsung ke kantor Satpas.

Gerai SIM

Proses perpanjangan SIM C yang kedua dapat dilakukan di Gerai SIM. Gerai SIM mempunyai sistem pelayanan yang sama dengan SIM keliling. Namun, perbedaan dari kedua jenis layanan ini ialah SIM keliling beroperasi menggunakan mobil, sedangkan Gerai SIM beroperasi di suatu lokasi khusus yang digunakan untuk melakukan perpanjangan SIM. Gerai SIM ini, umumnya terdapat di tempat yang ramai, seperti Mall, daerah dekat kampus dan lain sebagainya.

Gerai SIM ini sama seperti SIM keliling yaitu hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C. Berikut dibawah ini cara memperpanjang SIM C di Gerai SIM untuk Anda.

  1. Menyiapkan SIM C lama yang akan diperpanjang.
  2. Menunjukkan SIM C yang akan Anda perpanjang kepada petugas loket.
  3. Selanjutnya, mengambil dan mengisi formulir perpanjangan SIM C. Kemudian, letakkan formulir perpanjangan SIM C tersebut di loket luar.
  4. Menunggu giliran untuk melakukan tes mata.
  5. Melakukan pembayaran tes mata sebesar Rp. 55.000
  6. Apabila Anda telah melakukan pembayaran tes mata tersebut, maka formulir perpanjangan SIM C Anda dibawa ke loket sebelah.
  7. Mendapatkan nomor antrian dan menunggu proses perpanjangan SIM C selesai.

Nah itulah bagaimana sih cara melakukan perpanjangan SIM dan persyaratan perpanjangan SIM. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Umum

Terpopuler

Title

Terbaru

To Top