Connect with us

Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Tahun 2021 yang Sedih, Paling Bagus, dan Singkat

Pidato

Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Tahun 2021 yang Sedih, Paling Bagus, dan Singkat

Pidato adalah bentuk kegiatan orasi atau berbicara di depan umum. Pidato biasanya bertujuan untuk memberi informasi atau membujuk pendengarnya. Teks pidato haruslah disampaikan semenarik mungkin. Maka dari itu, teks pidato haruslah disusun sebaik mungkin dengan menggunakan gaya bahasa yang sesuai. Menurut Arif Yosodipuro dalam buku Pintar Pidato: Kiat menjadi Orator Hebat (2020), dalam pembuatannya, teks pidato harus disusun secara sistematis dan berurutan. Sehingga nanti pada saat penyampaiannya lebih mudah. Teks pidato memiliki banyak jenis. Salah satunya pidato perpisahan. Jenis pidato ini sering digunakan saat seseorang atau sekelompok orang akan pergi meninggalkan lembaga atau kelompok tertentu. Contohnya sekolah, perguruan tinggi, dan lain-lain. Agar lebih mudah mengerti tentang teks pidato perpisahan, mari kita simak dua contoh teks pidato perpisahan kelas 6 SD di bawah ini:

Pidato Perpisahan Kelas 6 SD yang Sedih, Paling Bagus, dan Singkat

Contoh 1

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat (sebut nama kepala sekolah)

Yang terhormat dewan guru.

Yang terhormat para tamu undangan

Serta semua teman dan adik kelas (nama sekolah)

Puji syukur saya panjatkan atas kehadiran Allah SWT, untuk semua berkah-Nya yang telah membuat kita berkumpul di acara ini. Doa dan salam juga, saya curahkan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW.

Ibu yang terhormat dari Dewan Guru dan Teman-teman, Kali ini saya mewakili semua anak-anak kelas 6 untuk perpisahan dan mohon pamit serta meminta doa restunya.

Bapak dan ibu guru yang saya hormati,

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para guru yang telah mendidik dan membimbing kami sehingga kami dapat menyelesaikan proses pembelajaran di sekolah yang tercinta ini dengan hasil yang bagus.

Tidak ada yang bisa kami berikan sebagai imbalan atas kerja keras Guru selama 6 tahun. Hanya doa yang bisa kami tawarkan, semoga Allah SWT membalas jasa bapak dan ibu guru sekalian.

Bapak dan ibu guru yang saya cintai,

Kedua, saya dan teman-teman kelas 6 juga meminta maaf yang sedalam-dalamnya, karena perbuatan dan tingkah laku kami yang tidak menyenangkan dihadapan bapak ibu guru sekalian. Untuk itu, kami mengharapkan bapak dan ibu guru bersedia untuk memaafkan atas semua kesalahan kami.

Yang terakhir, kami memohon doa restu dari bapak ibu guru dan semua yang hadir di acara ini, untuk bisa melanjutkan ke sekolah menengah terbaik yang ada di kota ini.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jikalau ada perkataan yang tidak pas di hati bapak ibu guru serta para hadirin yang hadir di tempat yang bahagia ini.

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepala Sekolah yang terhormat. Para bapak dan ibu guru yang terkasih, teman dan adik kelas, yang saya cintai.

Pertama-tama, saya berterima kasih kepada Allah SWT atas kehadiran-Nya serta semua rahmat yang telah diberikan pada hari ini sehingga kami dapat berkumpul di sekolah tercinta ini.

Hadirin sekalian, izinkan saya untuk mewakili teman-teman kelas 6 untuk mengucapkan satu atau dua kata selama berdiri disini.

Sebagai siswa kelas enam, kami sangat bangga dan berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar di sekolah ini.

Mereka sangat baik, mereka tidak pernah memilih untuk mendidik siapa, mereka sangat sabar dan mengajar kami tanpa pilih kasih. Berkat dedikasi semua guru, kami dapat menyelesaikan jenjang kelas 6 di sekolah ini.

Kami berharap semua guru yang mengajar di sekolah ini sehat dan selalu bahagia. Juga untuk semua teman serta adik kelas.

Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal kepada kalian semua, karena kita sudah bersama selama 6 tahun. Tetapi saya juga berdoa agar semua teman saya akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Akhir kata, saya selalu berharap agar kita semua sukses dan bisa berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara dikemudian hari kelak.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh 3

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kami ucapkan atas kehadiran Tuhan Yang Mahakuasa atas semua rahmatnya bagi kita semua. Pada hari ini kami bertemu, kami berkumpul di sekolah ini untuk menyelenggarakan acara perpisahan.

Sebenarnya, saya dan semua teman kelas 6, berat sekali untuk menyampaikan pidato ini. Kami sedih, karena kami harus berpisah dari guru, teman, dan adik – adik kelas. Namun, ini adalah waktu juga yang membatasi kita bersama.

Khusus untuk para hadirin sekalian, para bapak dan ibu guru yang terhormat, kami sangat berterima kasih karena mereka telah mendidik kami dengan baik. Memberikan pengetahuan yang kami terima sangat berharga untuk mencapai tingkat selanjutnya. Semua pelajaran dari bapak dan ibu guru, akan kami ingat selama sisa hidup kami.

Kami juga meminta maaf kepada bapak dan ibu guru yang telah dengan sabar membimbing kami setiap saat. Kami menyadari bahwa banyak perilaku kami selama sekolah di tempat ini dapat mengganggu bapak dan ibu guru. Saya sekali lagi mewakili semua teman kelas 6 untuk meminta maaf.

Kepada adik kelas, belajarlah dengan baik dan rajin. Jangan keras kepala, hormatilah semua guru disini.

Inilah akhir dari pidato ini, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh 4

Bapak Kepala Sekolah, guru, dan orang tua siswa yang terhormat, juga teman-teman dan adik-adik kelas saya.

Pertama-tama, kami berterima kasih kepada Tuhan Yang Mahakuasa atas berkahnya dan atas perlindungan pagi ini yang bisa kami temui di tempat ini untuk mengucapkan selamat tinggal.

Saya di sini untuk mewakili teman-teman kelas 6 dan berterima kasih kepada Kepala Sekolah, guru dan orang tua untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala sekolah dan para guru yang telah mengajar kami selama sekitar enam tahun.

Tentu saja, para guru yang telah mendidik dan mengembangkan potensi kita selama enam tahun sering kecewa dengan sikap kami.

Namun, para guru tetap sabar dan tanpa lelah melatih kami, jadi saya ucapkan terima kasih lagi.

Pada kesempatan ini, kami juga meminta maaf jika, dalam waktu enam tahun, banyak dari tindakan kami atau ucapan kami tidak diterima di hati para guru. Maka hari ini kami meminta bapak dan ibu guru untuk membuka pintu hati untuk kami sebanyak mungkin.

Kami juga berpesan kepada adik kelas, kami berharap Anda akan tetap rajin belajar dengan tekun. Ambil contoh yang baik tentang kami dan buang contoh yang kurang baik dari kami.

Juga pada kesempatan ini kami meminta doa restu dari para guru, sehingga kami dapat pergi ke sekolah menengah yang telah kami pilih. Kami berjanji bahwa kami akan rajin belajar di sekolah menengah untuk membawa nama baik sekolah kami tercinta ini.

Bagaimanapun, hanya itu yang bisa saya katakan dan mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika ada kata-kata yang tidak diterima di hati Kepala Sekolah, para Guru dan semua yang hadir di aula ini. Terimakasih

Contoh 5

Assalamualaikum Warrahmattuloh Wabarakatuh

Yang saya hormati,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah (Sebut namanya)

Para guru (nama sekolah)

Orangtua / wali murid yang terhormat

Teman dan adik kelas yang saya cintai

Puji dan syukur atas kehadiran Allah SWT, yang memberi kita semua rahmat-Nya. Hari ini kita berkumpul untuk merayakan perpisahan.

Pertama-tama, saya berterima kasih kepada para guru yang telah mengajar, membimbing, dan mengajarkan ilmunya dalam 6 tahun terakhir. Semoga Allah selalu menghargai semua jasa bapak dan ibu gurus sekalian.

Pada kesempatan ini, saya mewakili teman – teman dari kelas 6, juga meminta maaf atas semua kesalahan yang kami lakukan di masa lalu atas perilaku kami, yang dapat mengganggu atau menyinggung perasaan bapak dan ibu guru. Saya harap bapak dan ibu guru, selalu memaafkan semua kesalahan kami.

Bagi adik kelas, teruslah belajar dengan tekun, kami ingin kalian menjadi pelajar yang rajin yang terus mencari ilmu dan selalu menghormati orang tua / guru kita di sekolah ini.

Dan akhirnya, kepada orang tua kita yang tercinta, terima kasih telah mencintai kami, terima kasih atas kesediaannya untuk mengirim kami ke sekolah (sebutkan nama sekolah) dan terima kasih atas pendidikan yang telah diberikan kepada kami.

Sekian dari saya, Wassalamualaikum Warrahmatuloh Wabarakatuh.[cp]

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Pidato

Terpopuler

Title

Terbaru

To Top